Pneumatik
Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
"Pneumatic" beralih ke halaman ini. Untuk urutan tertinggi manusia dalam Gnostisisme, lihat Pneumatic (Gnostisisme) .
Pneumatics merupakan cabang dari teknologi, yang berkaitan dengan studi dan penerapan penggunaan gas bertekanan untuk efek gerak mekanikal. Sistem pneumatik banyak digunakan dalam industri , di mana pabrik-pabrik biasanya menyelami dengan kompresi udara atau kompresi gas inert . Hal ini karena terletak di pusat dan bertenaga listrik kompresor bahwa kekuatan silinder pneumatik dan perangkat lain melalui katup solenoida sering mampu memberikan kekuatan motif dalam cara yang lebih murah, lebih aman, lebih fleksibel, dan lebih dapat diandalkan daripada sejumlah besar motor listrik dan aktuator .
Pneumatik juga memiliki aplikasi dalam kedokteran gigi , konstruksi , pertambangan , dan daerah lainnya.
Isi[hide] |
[ sunting ] Contoh dari sistem pneumatik dan komponen
- Udara rem pada bus dan truk
- Udara rem , di kereta api
- Kompresor udara
- Udara mesin untuk kendaraan bertenaga pneumatik
- Barostat sistem yang digunakan dalam Neurogastroenterology dan untuk meneliti listrik
- Pengaliran kabel , cara untuk memasang kabel di pipa
- Mesin kompresi udara dan kompresi udara kendaraan
- Gas dioperasikan reload
- Holman Proyektor , sebuah pneumatik senjata anti-pesawat
- Inflatable struktur
- Lego pneumatik dapat digunakan untuk membangun model pneumatik
- Pneumatic aktuator
- Pneumatic senjata udara
- Pneumatic silinder
- Peluncur pneumatik , jenis senjata kentang
- Pneumatic sistem email
- Pneumatic bermotor
- Pneumatic ban
- Alat Pneumatic :
- Bor digunakan oleh pekerja jalan
- Pneumatic nailgun
[ sunting ] Gas yang digunakan dalam sistem pneumatik
Sistem pneumatik dalam instalasi tetap seperti pabrik menggunakan kompresi udara karena pasokan yang berkelanjutan dapat dilakukan dengan mengompresi udara atmosfer. Udara biasanya memiliki kelembaban dihapus dan sejumlah kecil minyak ditambahkan pada kompresor, untuk menghindari korosi komponen mekanis dan melumasi mereka.Pabrik-menyelami, pneumatik daya pengguna tidak perlu khawatir tentang kebocoran gas beracun biasanya hanya udara. Sistem yang lebih kecil atau yang berdiri sendiri dapat menggunakan kompresi gas-gas lain yang merupakan sesak napas bahaya, seperti nitrogen - sering disebut sebagai OFN (bebas oksigen nitrogen) , bila terisi dalam silinder.
Setiap gas yang terkompresi lainnya dari udara adalah bahaya sesak napas - termasuk nitrogen, yang membuat naik 77% dari udara. Compressed oksigen (sekitar 23% dari udara) tidak akan sesak nafas, tetapi akan menjadi bahaya kebakaran ekstrim, sehingga tidak pernah digunakan dalam perangkat pneumatik bertenaga.
Alat-alat pneumatik portabel dan kendaraan kecil seperti Robot Wars mesin dan aplikasi hobi lainnya sering didukung oleh terkompresi karbon dioksida karena kontainer dirancang untuk menahan itu seperti aliran soda tabung dan alat pemadam kebakaran yang tersedia, dan perubahan fasa antara cair dan gas membuatnya mungkin untuk mendapatkan volume yang lebih besar gas dikompresi dari wadah yang lebih ringan dari udara terkompresi akan memungkinkan. Karbon dioksida adalah menyebabkan keadaan sesak nafas dan juga bisa menjadi bahaya membeku ketika dibuang tidak tepat.
[ sunting ] Perbandingan dengan hidrolik
Kedua pneumatik dan hidrolika adalah aplikasi dari daya fluida . Pneumatik menggunakan gas kompresibel mudah seperti udara atau gas murni yang cocok, sementara hidrolik menggunakan media cair yang relatif mampat seperti minyak. Aplikasi pneumatik Sebagian besar industri menggunakan tekanan sekitar 80 hingga 100 pon per inci persegi (550-690 kPa ). Hidrolik aplikasi biasanya menggunakan dari 1.000 menjadi 5.000 psi (6,9-34 MPa), tapi aplikasi khusus dapat melebihi 10.000 psi (69 MPa).[ sunting ] Keuntungan dari pneumatik
- Kesederhanaan Desain Dan Kontrol
- Mesin mudah dirancang menggunakan silinder standar dan komponen lainnya. Kontrol semudah itu sederhana ON - OFF jenis kontrol.
- Keandalan
- Sistem pneumatik cenderung memiliki kehidupan operasi panjang dan memerlukan pemeliharaan yang sangat sedikit.
- Karena gas kompresibel, peralatan kurang mungkin rusak oleh shock. Gas dalam pneumatik menyerap kekuatan yang berlebihan, sedangkan cairan hidrolik langsung transfer kekuatan.
- Penyimpanan
- Kompresi gas dapat disimpan, memungkinkan penggunaan mesin saat daya listrik hilang.
- Keselamatan
- Sangat rendah kemungkinan api (dibandingkan dengan minyak hidrolik).
- Mesin dapat dirancang untuk menjadi aman overload.
[ sunting ] Keuntungan dari hidrolika
- Cair (sebagai gas juga merupakan 'cairan') tidak menyerap semua energi yang diberikan.
- Mampu memindahkan beban jauh lebih tinggi dan menyediakan kekuatan yang jauh lebih tinggi karena incompressibility tersebut.
- Fluida kerja hidrolik pada dasarnya adalah mampat, menyebabkan minimal semi tindakan. Ketika aliran fluida hidrolik dihentikan, gerakan sedikit beban rilis tekanan pada beban, tidak ada kebutuhan untuk "pendarahan" udara bertekanan untuk melepaskan tekanan pada beban.
[ sunting ] Pneumatic logika
Informasi lebih lanjut: Teori Sirkuit
Logika sistem pneumatik (kadang-kadang disebut udara kontrol logika) sering digunakan untuk mengontrol proses industri, yang terdiri dari unit logika primer seperti: - Dan Unit
- Atau Unit
- 'Relay atau Booster' Unit
- Menempel Unit
- 'Timer' Unit
- Sorteberg relay
- fluidics amplifier dengan tidak ada bagian yang bergerak selain udara itu sendiri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar