Senin, 14 November 2011

IC 78xx

78xx

Dari Wikipedia, ensiklopedia bebas
Berbagai macam IC 78XX
Para 78xx (kadang-kadang LM78xx) adalah keluarga mandiri tetap regulator tegangan linier sirkuit terpadu . Keluarga 78xx umumnya digunakan dalam sirkuit elektronik membutuhkan power supply diatur karena mereka kemudahan penggunaan dan biaya rendah. Untuk IC dalam keluarga, xx diganti dengan dua digit, menunjukkan output tegangan (sebagai contoh, 7805 memiliki output 5 volt, sedangkan 7812 menghasilkan 12 volt). Garis 78xx adalah regulator tegangan positif: mereka menghasilkan tegangan yang relatif positif untuk kesamaan. Ada garis terkait perangkat yang saling melengkapi 79xx regulator tegangan negatif. 79xx 78xx dan IC dapat digunakan dalam kombinasi untuk menyediakan pasokan tegangan positif dan negatif dalam sirkuit yang sama.
IC 78xx memiliki tiga terminal dan biasanya ditemukan dalam TO220 faktor bentuk, meskipun lebih kecil permukaan-mount dan lebih besar sampai 3 paket yang tersedia. Perangkat ini mendukung tegangan masukan mana saja dari beberapa volt di atas tegangan output yang dimaksudkan, sampai maksimum 35 atau 40 volt, dan biasanya menyediakan 1 atau 1,5 ampere dari saat ini (meskipun paket yang lebih kecil atau lebih besar mungkin memiliki arus yang lebih rendah atau lebih tinggi Peringkat).

[ sunting ] Keuntungan

  • Seri 78xx IC tidak memerlukan komponen tambahan untuk menyediakan sumber, diatur konstan kekuasaan, membuat mereka mudah digunakan, serta ekonomis dan efisien menggunakan ruang. Regulator tegangan lainnya mungkin memerlukan komponen tambahan untuk mengatur tingkat tegangan keluaran, atau untuk membantu dalam proses regulasi. Beberapa desain lain (seperti switching power supply ) mungkin perlu keahlian teknik substansial untuk melaksanakan.
  • Seri 78xx IC memiliki built-in perlindungan terhadap sirkuit menggambar kekuasaan terlalu banyak. Mereka memiliki perlindungan terhadap panas dan pendek sirkuit, membuat mereka cukup kuat dalam sebagian besar aplikasi. Dalam beberapa kasus, fitur pembatas arus dari perangkat 78xx dapat memberikan perlindungan tidak hanya untuk 78xx itu sendiri, tetapi juga untuk bagian lain dari rangkaian.

[ sunting ] Kekurangan

  • Tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan output dengan beberapa jumlah minimal (biasanya 2 volt). Hal ini dapat membuat perangkat ini tidak cocok untuk menjalankan beberapa perangkat dari beberapa jenis sumber daya (misalnya, menyalakan sebuah sirkuit yang memerlukan 5 volt menggunakan 6-volt baterai tidak akan bekerja menggunakan 7.805).
  • Karena mereka didasarkan pada regulator linier desain, arus input yang diperlukan adalah selalu sama sebagai output arus. Sebagai tegangan input harus selalu lebih tinggi dari tegangan output, ini berarti bahwa daya total (tegangan dikalikan dengan sekarang) pergi ke 78xx akan lebih dari daya keluaran yang disediakan. Daya input tambahan hilang sebagai panas. Ini berarti kedua bahwa untuk beberapa aplikasi yang memadai heatsink harus disediakan, dan juga bahwa sebagian (sering substansial) dari daya masukan yang terbuang selama proses, membuat mereka kurang efisien daripada beberapa jenis pasokan listrik. Ketika tegangan input secara signifikan lebih tinggi dari tegangan output diatur (misalnya, powering 7805 menggunakan sumber daya 24 volt), inefisiensi ini bisa menjadi masalah yang signifikan.
  • Bahkan dalam paket lebih besar, sirkuit terpadu 78xx tidak dapat pasokan sebagai kekuatan sebanyak banyak desain yang menggunakan komponen diskrit, dan biasanya tidak sesuai untuk aplikasi yang memerlukan lebih dari beberapa ampere saat ini.

[ sunting ] perangkat individu dalam seri

Ada konfigurasi umum untuk IC 78xx, termasuk 7805 (5 volt), 7806 (6 volt), 7808 (8 volt), 7809 (9 volt), 7810 (10 volt), 7812 (12 volt), 7815 (15 volt) , 7818 (18 volt), dan 7824 (24 volt) versi. 7805 adalah umum, sebagaimana diatur yang 5 volt pasokan menyediakan sumber daya yang paling nyaman untuk TTL komponen.
Kurang umum adalah versi rendah daya seperti seri LM78Mxx (500 mA) dan LM78Lxx seri (100 mA) dari National Semiconductor. Beberapa perangkat menyediakan tegangan yang sedikit berbeda dari biasanya, seperti LM78L62 (6,2 volt) dan LM78L82 (8,2 volt).

[ sunting ] perangkat yang tidak terkait

Para LM78S40 dari National Semiconductor adalah bukan bagian dari keluarga 78xx, dan tidak menggunakan desain yang sama. Ini adalah komponen dalam beralih regulator desain, dan bukan merupakan regulator linier seperti perangkat 78xx lainnya. Para 7803SR dari Datel adalah penuh daya switching pasokan modul (dirancang sebagai drop-in pengganti untuk 78xx chip), dan bukan regulator linier seperti IC 78xx.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar